Bocoran Kisi-Kisi Soal untuk Tes SKB CPNS 2019-2020 

Tes SKB CPNS 2019 akan Segera Digelar. Persiapkan Diri Anda Sebaik-Baiknya Agar Bisa Lulus.

Sebentar lagi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019-2020 bakal digelar setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Tes SKB Tahun ini Diselenggarakan Menggunakan System CAT. Tes SKB tersebut Merupakan Tahapan yang Paling Menetukan Lulus Tidaknya Anda untuk Diangkat Menjadi PNS Tahun 2020.

Tes SKB merupakan tes lanjutan bagi peserta CPNS yang lolos tes SKD. Tes SKB ini direncanakan akan digelar bulan September s.d Oktober 2020.

Jangan Sia-Siakan Peluang Anda untuk Lulus jadi ASN tahun ini!

Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Lantas Seperti apa Kisi-Kisi Tes SKB CPNS 2019-2020?

Adapun pelaksanaan tes, Paryono menyebut nantinya akan dilakukan dengan tes CAT (Computer Assisted Test).Sudahkah kamu mempersiapkan diri dengan belajar materi yang akan diujikan? Materi ujian CPNS memang cukup banyak, sehingga tanpa manajemen yang baik, mustahil semua materi dapat dikuasai dalam waktu singkat.

Belajar materi ujian CPNS pun perlu memperhatikan kisi-kisi ujian. Harapannya, belajar jadi lebih efektif dan kamu tidak perlu belajar materi yang tidak diujikan. Berikut adalah kisi-kisi ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun 2019/2020. Kisi-kisi resmi dapat dijadikan acuan dalam belajar mendekati pelaksanaan ujian.

Mengutip Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019, ada sejumlah ketentuan dan materi SKB yang dapat diperhatikan oleh para peserta CPNS 2019.

Adapun materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, yang selanjutnya diintegrasikan dalam bank soal Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Sementara untuk materi SKB pada jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Pelaksanaan materi SKB di instansi pusat selain dengan CAT dapat pula berupa:

a.       Tes Potensi Akademik (TPA)

b.       Tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan

c.       Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit dua jenis bentuk tes.

Bagaimana Aturan Pelaksanaan SKB Tahun ini?

Peserta yang dapat mengikuti SKB adalah peserta yang memenuhi passing grade 1 berbanding 3 berdasarkan jumlah formasi. Contohnya, jika suatu jabatan tertentu menerima 1 orang, peserta SKB yang memenuhi passing grade adalah peserta dengan ranking 1 – 3. Apabila suatu jabatan menerima 2 orang, peserta SKB yang memenuhi passing grade adalah peserta ranking 1 – 6.

Materi tes SKB bagi jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional. 

Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan tes yang diberikan setelah peserta lulus seleksi kemmapuan dasar. Setiap formasi akan dihadapkan pada jenis soal ujian yang berbeda karena disesuaikan dengan bidangnya.

Bahkan, pelamar akan diberi soal ujian tentang bidang keilmuan yang dilamar. Meskipun demikian, tidak semua formasi menggunakan sistem komputer atau CAT. Terdapat formasi yang justru menerapkan SKB berupa ujian fisik atau tes lainnya.

DEMO CAT SKB

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

webCPNS.com bukan merupakan website resmi Pemerintah. Konten dan materi di situs ini hanya sebagai pengayaan belajar untuk membantu Anda mempersiapkan diri menhgdapi Tes CPNS/P3K.

© 2019 webCPNS.com | All Rights Reserved
Maaf, ada yg bisa kami bantu?